Minggu, 26 Februari 2017

Anakku sembuh setelah 3 tahun perjuangan melawan Sembelit karena Hisprung Short

Aku menulis kisah ini agar bisa dibaca oleh ibu-ibu yang anaknya mengalami sembelit akut seperti anakku dulu. Awalnya anakku dulu, masalah BAB nya baik-baik saja. Aku selalu menuliskan perihal apapun tentang anakku, dari mulai dalam kandungan hingga lahir, sampai sekarang. Aku lihat kalau anakku tidak ada masalah dengan perutnya juga, apalagi dengan pola BAB nya. Tapi tiba-tiba saat umurnya 3 tahun (tepat sehari setelah ulang tahunnya yang ke-3) yaitu 25 Oktober 2013, dia mulai susah PUP dan pup nya pun keras. Waktu itu kita di Pekalongan selama seminggu dan dia belum PUP selama seminggu itu pula. Akhirnya aku pulang, untuk dibawa ke dokter di Solo. Di Pekalongan sempat dibawa ke dokter tapi tidak sembuh dan perutnya malah kembung. Anaknya sih tidak rewel tidak menangis, tapi aku yang bingung, biasanya paling lambat 2 hari sekali pup, ini kok sampai seminggu. 

Aku bawa ke dokter, dikasih obat tetesan Pisucon, diminum dengan diteteskan 10 tetes dalam air. Besoknya PUP yang keras itu akan melunak dan baru bisa BAB. Hal ini, terjadi hingga berminggu-minggu. Kemudian berbulan-bulan dari sejak Oktober 2013 sampai Januari 2014, aku kasih Pisucon kalau mau PUP, karena selalu tidak bisa PUP. Kebayang sumpeknya yah kita berdua. Belum lagi, anakku suka nahan pup, jadi begitu ada rasa kebelet semacam ditahan-tahan, mungkin trauma takut sakit. Aku sampai punya buku jadwal khusus mengatur PUPnya anakku. Aku atur jadwalnya supaya tidak terlalu mengganggu jadwal sekolahnya. Tapi ya tetep tidak bisa, karena kalau sudah mules itu anakku bisa seharian lemes perutnya mules dan ga mau aktivitas apa-apa jadi terpaksa sekolahnya banyak bolosnya. Untung sekolah anakku paham sudah tentang hal ini karena aku ya cerita ke guru-gurunya, bahkan juga minta bantuan agar bisa sama-sama membuat anakku tidak takut kalau rasa mules datang karena itu hal yang wajar kalau mau BAB. 

Sepanjang 2014 itu, selama seminggu sekali selalu mengandalkan Pisucon kalau mau PUP. Dan PUPnya bisa dihitung, seminggu 2 kali saja. Belum lagi, dia juga belum lulus toilet traning. Tahun 2014 itu dia awal-awal masuk sekolah PlayGrup, jadi sedikit demi sedikit toilet training agak sukses, tapi tidak dengan urusan PUP. Okelah bersabar lagi kita. Aku mencoba segala macam obat dari dokter dan tabib. Belum ada yang manjur. Kemudian dokter menyarankan untuk periksa Colon in Loop, jadi ususnya dicek, agar tau apakah ada masalah atau tidak. Dan ternyata, anakku Hisprung Short 2cm. Aku kaget. Aduh ... bukannya kalau Hisprung itu sudah bawaan dari bayi, lalu mengapa bisa muncul di saat umur 3 tahun? Dokternya tidak menjawab lain hal kecuali ya memang itu kelainan. Tapi beruntung cuma short, jadi kemungkinan tidak akan dioperasi. 

Lama setelah terima hasil Lab Colon in Loop itu aku ga langsung cari di Google tentang Hisprung. Takut. Berpikirnya nanti kalau ini dan itu dan harus ini dan itu. Padahal ini anak masih kecil. Sedih dan bingung. Suatu hari, anakku susah pup sampai yang parah, yang harus minum Pisucon sehari sekali 15 tetes, dan masih belum pup dan hampir 10 hari. Waktu itu dia sakit demam dan radang, jadi bertumpuk-tumpuk rasa sumpek, hingga akhirnya aku memutuskan untuk Gooling tentang Hisprung. Aku membaca banyak laman dan forum tentang Mega Colon dan Hisprung, dari mulai jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Akhirnya aku dapet no kontak penderita Hisprung yang sembuh karena konsumsi Daun Banci.

Januari tahun 2015, aku mulai treatment anakku dengan Daun Banci dan juga terapi sinar di dr. Rochadi di Yogyakarta. Aku juga mulai aktif di grup ibu-ibu dan bapak yang anaknya sakit Hisprung: Grup Daun Banci namanya. Tinggal cari atau klik di FB atau link yang aku tautkan. Kalau Googling tentang dr. Rochadi mungkin banyak hasilnya, alamatnya juga mudah di cari kok. Kliniknya di sebelah rumah sakit Mitra Husada. Lama aku terapi Daun Banci dan sinar ini setiap hari sabtu aku ke Djogja. Tapi kadang juga Senin subuh berangkat, kadang naik kereta dan kadang naik mobil. Aku bertiga sama anak-anak dan Ontinya. Subuh, berangkat, nyampe Djogja jam 7 pagi dan prakteknya jam 8. Kita biasanya jadi pasien pertama, langsung jam 9.00 pulang, dan nyampe Solo lagi jam 11.00.

Kemudian, aku denger cerita anaknya temenku yang tangannya patah dan sulit gerak, tapi sembuh syarafnya karena renang, aku pun ambil les renang untuk anakku. Jadi di umurnya yang 5,5 tahun aku suruh anaknya les renang. Dia memang senang renang dan main air, tapi takut sih kalau menyelam dalam air, jadi sekalian mengobatin syaraf mengejannya, aku mau atasi fobia menyelamnya dengan Les Renang. Seminggu dua kali dia renang, kalau ga ditemeni Pelatihnya, ya renang sendiri di kolam aku temeni dari pinggiran kolam. kira-kira 5 bulanan dia aktif olahraga renang, alhamdulillah, saat itu tepat di bulan Oktober 2016, dia bisa Pup sendiri tanpa obat pencahar dan sekarang, dia sembuh, mungkin PUP nya dua hari sekali, tapi sudah tidak tergantung obat.

Jadi dari mulai Oktober 2013 - Oktober 2016, dimana dia harus pake Pisucon atau Laxoberon kalau mau BAB, dia kini bebas dari obat-obatan. Alhamdulillah. Yang tadinya berat badan cuma main sekitar 16, 17, 18, sekarang sudah 19 dan 20. Ya Allah bersyukur kita semua padaMu, karenaMu lah aku bertemu dengan mba Aisyah yang pertama kali ngasih aku Daun Banci sebanyak-banyak sampai aku tanam di rumah dan tumbuh lebat. Juga dengan ayah bunda di Grup Daun Banci; kepada Guru-burunya di sekolah terutama Mr Jiyo dan Ms. Tata yang sudah telaten sama anakku: juga ke pak dr. Rochadi berkat nasehat dan kesabaran beliau menghadapi pertanyaan ibu-ibu yang mudah panik; kepada mas Deny "Si Manusia Ikan" pak pelatih renang kesayangan Suhaila, yang sudah sabar ngajarin Suhaila renang dari mulai takut air, takut kacamata renang, sekarang sudah gak takut lagi dan lebih luwes menghadapi air.

ini DAUN BANCI.
cara memasaknya sama seperti memasak bayam
Aku juga rutin konsultasi ke dr Endang di Solo, aku nanya apa ada sih anak-anak HIsprung yang sudah besar dan seperti apa mereka? Beliau bilang, banyak, ya ada yang sembuh dalam arti bisa berdamai dengan susah pup, tinggal ganti pola makan. Oleh dr. Rochadi, anakku harus makan PAPAYA tiap hari, padahal anaknya suka bosen kalau sama buah-buahan. Untungnya anaknya khan sudah sekolah, jadi makanan sehat yang masuk ke perutnya dengan bahagia itu full didapatkan di Sekolah, kalau mengandalkan rumah, duh jelas engga sip anaknya selalu ngeles dengan kata-kata: 'Aku malu makan sayuran kalau di rumah' WHAT??!!

Aku juga saling curhat sama ibu-ibu yang anaknya ada sakit Hisprung juga, dia cerita kalau ya memang masih kita awasi pola BAB anak, tapi kalau sudah SD sudah pinter atur pola BAB sendiri. Iya bener sih. Dulu anakku semacam engga paham PUP itu apa sih dan mengapa harus PUP. Sekarang, tepatnya ya kemaren di hari ulang tahunnya yang ke-6, itu aku ajak ngobrol dia, kalau pup jangan ditahan, dan harus bilang kapan perut mules mau pup langsung ke kamar mandi. Ya Allah alhamdulillah, besoknya itu dia bilang perut mules dan mau pup di kamar mandi. Ya Allah senengnya bukan main sampai mewek di kamar mandi aku. Anakku juga seneng. Semacam kemenangan. Engga peduli anak lain potty training lulus umur 18 bulan kek, 2 tahun kek, yang penting khan ya lulus, ntah kapan waktunya. Kalau mau bilang ku engga sukses ngurus potty anak, ya monggo, tapi ngadepin anak pup di bawah kontrol obat Pisucon, Laxoberon dan Microlac itu engga gampang. Terlebih lagi tiap anak punya tabiat yang berbeda menghadapi BAB, ada yang lari-lari ketakutan, ada yang sembunyi, dan lain-lain.

Setelah beres urusan potty training ini, dan anakku dah sip pola BAB nya aku engga lagi cek apakah Hisprung 2cm nya masih 'cacat' 2cm atau sudah sembuh total. Tes Colon in Loop itu bikin sedih. Anak dimasukin cairan dalam perutnya buat difoto rontgen apakah salurannya beres atau tidak. Tapi sedih lihatnya, engga tega. Wes engga usah pakai tes-tesan yang jelas anakku sekarang dah paham tidak usah lagi menahan PUP keluar karena kalau makannya sehat-sehat sayuran dan buah-buahan bakal lancar urusan BABnya. Alhamdulillah Ya Rabb!! (^_^)

Jadi buat ayahbunda yang anaknya menderita Hisprung jangan putus asa. Coba bergabung dengan Grup Daun Banci yang kusebutkan di atas, trus coba ke dr, Rochadi (Djogja), karena beliau ahli Hisprung pada anak dan dokternya luar biasa sabar, plus RENANG. Aduh aku merasakan manfaatnya renang pada anak ya ini nih ternyata. Bukan cuma baik untuk kesehatan pernafasan, tapi bagus buat syaraf-syaraf pertumbuhan yang lain. Jangan takut kalau anak pilek banyak dan ringan obatnya. Tapi kalau dah sembelit, Allah Kareem .... sedih lihatnya. Jadi, mari sama-sama berbagi. Semoga bermanfaat. See you there! []

73 komentar:

  1. Mbak solo nya dimana...anak saya juga megacolon..sdh dioperasi malahan 2x tp dlam perutnya masih byk bab nya.... Saya mau dong coba terapy daun bancinya...ttp cari dimana ya ...siapa tau mbak bisa membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas. Coba gabung ke grup ini yah.

      https://chat.whatsapp.com/GX6rdb6dAKI42PA7pR8V1c

      Ku dah ga banyak daun bancinya tapi bisa kubantu nanti carikan.

      Hapus
    2. tolong untuk link WAnya di hapus aja,
      kalo ada yg minta via japri aja.

      coz sudah ada bbrapa no hape dari luar jadi spammer di grup

      Hapus
    3. Bs bantu link grupxkah.. Japri 085215998080

      Hapus
    4. Bun saya mau gabung. Anak saya usia 14 hari diduga short megacolon conginetal. No. Wa 081911707142. Nuwun

      Hapus
    5. https://chat.whatsapp.com/DezNaz06hEo1PzxcSAWlDr

      Hapus
    6. Mbak sekarang anaknya gimana.. dari tahun 2017 itu sampai sekarang apakah sudah sembuh total..?

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba mau tanya, anak mba hisprung dr lahir uda uda pernah d operasi blm? Saya jg bingung anak saya hisprung sejak lahir dan skg br usia 1 bln. Mba k dokter rohadi kyk mba audavyasa?

      Hapus
    2. Hallo mba, kisah yg sama nih. Anakku 1bln jg divonis hisprung letak rendah, kmrn sempet msk rs 8hr, kebayang dong perasaanny jauh dr anak. Yg aku heran pup sm buang gasnya normal, tp emang perut makin membesar. Klo udah gabung ke grup hisprung tolong kabarin yaa, haturnuhun pisan...

      Hapus
  3. Hallo mb.. sy mau gabung grup daun banci mb...mohon masukkan d grup ya mbak.maturnuwun

    BalasHapus
  4. Hallo mb sy jg mau gabung anak sy hirscprung dr lahir skr 3blanan ash operasi ..masalahny Berat badan blom naek2...tolong masukin ke grup ya mba
    No WA 0895389520265 kesuwun...

    BalasHapus
  5. Hallo mba. Anak saya juga di diagnosis hischprung. Baru 1 bulan. Blh gabung di grup WA nya mba? 087808878050. Makasih

    BalasHapus
  6. anak saya ini jga didiagnosa hisprung.. usianya msh 1 bln, dia msh bisa pup spontan dan buang gas.. tp sminggu yg lalu perutnya mmbesar dan smpat opname 5 hari..bila ada grub wa mohon utk dmsukkan 082139497969.. dan bila ada minta contact dr. rohadi terimakasih

    BalasHapus
  7. Mbak tolong masukin group ini.ni wa saya 081296580406. Anak saya sudah hampir 9thn kena hisprung. Makasih sebelumnya..dari agung cah klaten

    BalasHapus
  8. Saya jg pengen gabung di grup..anak saya 15 hari didiagnosa dokter hirsprung..sempat opname 5 hari.makasih..dari yuni.lhokseumawe

    BalasHapus
  9. Tlg masikin group wa jg donk mba 085767246485

    BalasHapus
  10. Tolong masuki grup WA jga dong 08115180518

    BalasHapus
  11. Tolong masukin grup WA jg dong 085720740812 anak saya dh op 3x,, dan sekarang kembung lg.. kata dr op lg

    BalasHapus
  12. Mbak njenengan tes lab colon dimana? Apa di dokter rochadi juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fi RS sardjito tapi setelah colon in loop jadi pasien Dr rochadi di rumah sakit beliau..

      Hapus
  13. Saya juga dunk tlg masukka grup
    085714300254

    BalasHapus
  14. Mbak tolong d masukin juga k group megakolon 085647100125.trimakasih

    BalasHapus
  15. Mbak tolong d masukin juga k group megakolon 085647100125.trimakasih

    BalasHapus
  16. Mbak tolonh masukin juga k group megakolon ya mbak 085647100125

    BalasHapus
  17. Mbak tolonh masukin juga k group megakolon ya mbak 085647100125

    BalasHapus
  18. Mbak..please help aku juga di invite di group magakolon..anakku di vonis harus operasi..085888362978

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum .. mbk tolong masukin jg di grub 085704700017

    BalasHapus
  20. Tolong dong mba nmr saya d masukan d grup 085642282827 saya dr semarang

    BalasHapus
  21. Mba tolong masukin ke grup 082240169992. Anak saya usia 2 tahun di diagnosis hisprung

    BalasHapus
  22. Mbak tolong masukan ke grup juga ya. 0811747789. Anaknsy br sebulan di vonis Hisprung.

    BalasHapus
  23. Mbk tolong sy jg d masukan grup, anak sy jg penderita hisprug, usuny 25 cm hrs d potong, bolehkah sy mintak daun banci.. sdh d oprasi umur 6 bln tp menginjak usia 2 thn msh sering kembung

    BalasHapus
  24. Mbak tolong no. Hp sy juga dikasih masuk di grup WA ya 082189909418

    BalasHapus
  25. Halo mbak
    Bisa saya juga orang tua bayi penderita hisprung, bisa tolong masukkan grup juga?
    082330934248

    BalasHapus
  26. Tolong masukan saya ke group ya mba... 0895342483146

    BalasHapus
  27. Minta tolong masukan saya ke group daun banci 087835577624

    BalasHapus
  28. masukin sy ke grup dong 081355075528

    BalasHapus
  29. Tolong masukin ke grup mba 081266950621

    BalasHapus
  30. Tolong masukin no saya 087887034654

    BalasHapus
  31. Mb tolong masukin dong anakku jg hd wa 085719345252

    BalasHapus
  32. Mb tolong masukin dong anakku jg hd wa 085719345252

    BalasHapus
  33. Mbk tolong masukin grub donk anak saya juga hishprung. Makasih wa 083145683120

    BalasHapus
  34. Mohon info tetang daun banci anak sya usia 4 tahun diagnosa megacolkn conginetal(hisprung pendek)..saya ingin ihtiar menggunakan daun banci dulu semoga dengan daun ini bisa sembuh.tolong masukin grop 087865213370

    BalasHapus
  35. mohon di masukkan di grup. anakku jg kena hisprung dr lahir. bantu cari daun banci... klo nama lainx apa yah???

    BalasHapus
  36. Mbk tlng masukin no ku di masukin group 082323590753

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://chat.whatsapp.com/DezNaz06hEo1PzxcSAWlDr

      Hapus
  37. Maaaf baru cek lagi. Nomor2 di atas beberapa sdh saya gabungkan

    BalasHapus
  38. https://chat.whatsapp.com/DezNaz06hEo1PzxcSAWlDr

    Berikut linknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya berusia 2 bln didiagnosa hirchprug mohon masukkan nomor saya di group 081288727792

      Hapus
  39. Bun sya pun pnya msalah yg sma bsa gbungkan ke grup'y kah ini no wa sya 085390310079,makasih...

    BalasHapus
  40. Mbak sejak tahun 2017 itu, sampai sekarang apakah anaknya sudah sembuh total mbak..? Anak saya juga hisprung..

    BalasHapus
  41. Mbak,baru2 ini anak saya masuk rs. Suspect hisprung. Rencana akan biopsi maret 2020. Mohon masukan di group 085810182115

    BalasHapus
  42. mbak tolong masukkan nmr saya ke grup, anak saya usia 6 bln dgn diagnosa hisprung desease, susah pup, terkadang sampai 2 minggu tdk pup, pdhal sdh dksh pencahar sma mikrolak... 081216319144

    BalasHapus
  43. Tolong masukin sy dlm group mba, anak sy jg hisprung.posisi sy Sedang hamil anak kedua, rasanya stress bgt.sy lg cari info dan solusi🙏🙏

    BalasHapus
  44. 0859109737747 ini no wa sy,,, 🙏🙏🙏




    BalasHapus
  45. Mbak minta tolong dimasukin ke grup njih, dan kalau boleh info di solo daun banci yg ada daerah mana, pengen ikhtiarin anak saya yg difonis megacolon harus operasi

    BalasHapus
  46. Ini no wa saya minta tolong dimasukkan 081548438384 terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  47. Mohon dimasukkan ke dalam grup anak saya jg di diagnosis hisprung no: 081328091088 maturnuwun

    BalasHapus
  48. mohon dimasukkan ke grup no wa 081805378130. terimakasih

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum bunda,, anak saya suspect hisprug baru mau dilakukan tindakan barium enema,boleh di masukan ke dlm group nya. Ini no hp saya 0819-0840-3948

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum , bisa d masukan ke grup , sedih anaku di diagnosa hisprumg krn sering sembelit .
    Ini wa saya 08989190947

    BalasHapus
  51. Boleh tolong masukan saya di group
    No hp 085695968319

    BalasHapus
  52. Tolong masukin ke grup bun no hp 082177331991

    BalasHapus
  53. Dear semua para bapak ibu yang bertanya tentang pengalaman menghadapi anak dengan hirschprung conginental. Ya, anak saya Alhahmdulilah sudah baik2 saja di usia 11 tahun meski sesekali masih juga mengalami sembelit, namanya juga ada bawaan yaa pak bu kita yang normal saja juga sesekali masih sembelit. Anak sayavtidak operasi sama sekali karena menurut Dr Rohadi hirschprung yg ia alami termasuk short type, asal kita telaten lambat laun anaknya besar maka saraf ususnya juga akan membaik. Yang selama ini saya lakukan hanya melarang anak konsumsi yg kiranya bisa memicu susah BAB diantaranya pisang ambon, wortel boleh tapi sedikit,nangka,ketan,coklat dll...
    Dulu kecil sering buat sayur daun banci tapi dikarenakan skrg saya pindah dan tidak ada daun banci maka saya tidak memberinya lagi. Untuk buah sepanjang pengalaman saya 11 tahun ini yg paling cepat reaksinya untuk bisa bab yaitu buah naga...
    Saya tidak punya grup hirschprung, megacolon ataupun daun banci mohon maaf tidak bisa masukkan grup. Terakhir semangat selalu bapak ibu, sabar dan telaten adalah kunci menghadapi anak2 dengan hirschprung conginental ...

    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum. Mohon maaf bunda, apa masih bisa gabung groupnya nggeh? Bisakah saya gabung? Karena anak saya sering sembelit juga. Sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, anak saya juga sama masih sering sembelit. Skrg masih bingung ga tega mau colon in loop. Mbak kalau boleh kita kontak di ig yuk, ig ku @keluargariz. Biar ada temen diskusi juga. Aku jg lg bingung galau bgt

      Hapus